Langsung ke konten utama
   Berawal dari keprihatinan kita yang ingin belajar memperbaiki laptop sendiri khususnya pada blok Motherboard, kita sering kesulitan mencari informasi tentang bagaimana caranya atau istilahnya mencari tutorial tersebut.

   Zaman memang sudah berubah, sekarang dengan teknologi yang super modern kita bisa mencari berbagai Informasi di internet mulai di dengan Tutorial, Ebook, Panduan, Artikel dan lain -lain. Sebenarnya kita bisa mencari sendiri tutorial memperbaiki motherboard laptop ataupun Board lainya seperti LCD/LED Monitor dan lain - lain.

   Sayang Sungguh sayang untuk tutorial Motherboard Laptop sampai sekarang masih di rahasiakan, Tidak seperti handphone banyak forum - forum atau group facebook yang membahas atau share secara terbuka. akan tetapi untuk motherboard laptop sampai sekarang masih tertutup bahkan hanya khusus member ataupun Murid yang pernah kursus di tempat tersebut.

   Kalau kita belajar secara otodidak sendiri kita malah mengeluarkan biaya yang terlalu banyak, contohnya kita harus menyiapkan bahan praktek sendiri, yang biayanya mungkin tidak terlalu murah buat kantong atau dompet kita. Berawal dari trial & Error kita dapat mengambiul pengalaman tersebut akan tetapi cara ini tidak efektif di karenakan biayanya juga banyak.

   Cara yang kedua adalah sering tanya sama mbah google, akan tetapi kekuranganya adalah share secara tertutup dan langsung To the point, hal ini yang menyebabkan bagi orang awam tidak mengerti atau gagal paham, di karenakan anda tidak punya dasar Elektronika.

   Sedangkan cara ke tiga adalah ikut Kursus di tempat kursus. Cara ini adalah cara yang terbaik, dimana anda bisa mendapatkan Rahasia Reparasi Motherboard dengan cepat dan langsung Praktek di tempat kursus. dan hasilnya anda bisa menguasai Pengalaman tersebut dengan waktu singkat. Di karenakan anda di dampingi seorang Ahli di bidangnya. Tapi cara ini juga mempunyai kekurangan, salah satu kekuranganya adalah kita perlu mengeluarkan Budget yang terlalu banyak jika kita dari kalangan hidup yang serba  sederhana.

   Pernah Admin dulu ingin ikut Kursus di salah satu tempat ternama, akan tetapi niat tersebut sirna setelah melihat biaya pendaftaran yang menurut admin terlalu mahal, maklum admin juga dari kalangan Serba Pas - pasan,, Akan tetapi admin juga berfikir biaya tersebut sebenarnya murah dan kita juga enggak rugi,, pernah saya kalkulasikan kalau saya dapat servisan 30 unit Laptop saja uang tersebut sudah kembali atau istilahnya balik modal. dan seterusnya tinggal Laba kita saja.

   Kursus teknisi laptop biasanya di patok dengan Harga paling murah Rp. 5.000,000,- sampai 50,000,000,- Sungguh biaya yang sangat berat jika kita dari kalangan Pas-pasan,,, Tetapi bagi yang mampu biaya tersebut sangat murah di banding dengan apa yang di hasilkan. tahu sendiri kan Usaha jasa Service laptop sangat Menggiurkan, kalau servisan kita rame kita sehari bisa menghasilkan Rp. 1.000,000,- lebih,,, yah tergantung rejeki juga sih,,, tp di banding Service lain seperti Service Elektronik ataupun handphone Service Laptop lebih menjanjikan.

   Cara ke empat adalah kita membeli Ebook Di internet, Dengan Webshite terkenal dia menjual Ebook Service Laptop & Motherboard,, Akan tetapi setelah melihat isi nya ternyata tak jauh berbeda hanya dasar2 saja dan sangat sederhana, dan sangat sulit untuk di aplikasikan jika kita sedang terjun di lapangan. Cara ini memang murah,,, akan tetapi kita kesulitan juga karena isinya masih dasar sekali,,, tapi sudah cocok buat Teknisi Komputer tp kalau teknisi Laptop Masih belum Cukup karena kita harus memperdasar Basic Elektronika lebih dalam. Dan kekurangan lain kita tidak dapat berdiskusi atau istilahnya Support dari pembuat Ebook tersebut. di karenakan belum tentu pembuat ebook tersebut adalah teknisi di lapangan.

Komentar